-->

Awal Mula Terciptanya Game Sword Art Online, Cardinal System, dan World Seed

Sword Art Online merupakan game VRMMO (Virtual Reality Massively Multiplayer Online) yang dibuat oleh perusahaan Argus dan juga Kayaba Akihiko.

Sword Art Online - Aincrad

Sebuah game canggih yang tidak perlu campur tangan seorang manusia, pada game SAO terdapat sebuah sistem yang bernama Cardinal, dengan menggunakan sistem Cardinal para pengembang tidak perlu memantau atau melakukan perawatan sistem pada game SAO.

Karena semua itu telah dilakukan oleh Sistem Cardinal, baik dalam melakukan pemeriksaan error, membuat event dalam game, ngebanned orang yang pake cheat, dan sebagainya (intinya tidak membutuhkan campur tangan manusia).
Meskipun game Sword Art Online sangatlah hebat, namun karena saking hebatnya mampu mengajak 10.000 pemain untuk bermain sebuah game yang berujung pada kematian.

Bagaimana tidak? Pada game Sword Art Online menganut sebuah sistem yakni barang siapa yang mati didalam game, maka di dunia nyata juga akan mati (mati didalam game = mati didunia nyata).


Kenapa kok bisa seperti itu? Kenapa jika mati didalam game bisa mati di dunia nyata juga? Bukankah itu tidak masuk akal? Sebelum menuju ke pembahasan pastikan kalian sudah menonton atau membaca cerita anime Sword Art Online Season 1 terlebih dahulu

Dan dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Awal mula terciptanya game Sword Art Online dan alasan kenapa game SAO dibuat.

Latar Belakang Kayaba Akihiko

Kayaba Akihiko (茅場晶彦) atau yang lebih dikenal sebagai Heathcliff lahir ditahun antara 1995-1996 dan merupakan karakter yang sangat pintar dan juga kalem.

Kayaba Akihiko

Kayaba bekerja sebagai pemimpin pada perusahaan Argus atau lebih tepatnya bekerja sebagai Game Designer, ternyata ada sebuah alasan kenapa Kayaba memilih untuk menjadi pengembang atau pembuat sebuah game.

Sewaktu dirinya masih kecil, Kayaba pernah bermimpi melihat sebuah kastil besar yang mengapung di udara, dalam Kastil itu memiliki banyak lantai. Disetiap lantainya terdapat dataran yang luas meliputi sebuah kota, hutan, lautan dan sebangsanya, dan dipuncak kastil itu terdapat sebuah istana.

Setiap malam Kayaba versi kecil ini selalu bermimpi di dalam kastil itu, setiap harinya dirinya menaiki setiap lantai satu persatu, namun pada suatu hari Kayaba versi kecil tidak bisa bermimpi pada kastil itu lagi.

Karena Kayaba sangat ingin mengujungi kastil itu kembali, dirinya menjadi seorang pengembang game, supaya bisa mewujudkan dan pergi menuju ke dalam kastil itu. Kastil melayang yang dimaksud oleh Kayaba yakni Aincrad.

Meskipun dirinya pintar dan berhasil membuat game, akan tetapi Kayaba tidak memiliki rasa perduli terhadap kehidupan atau nyawa dari seorang manusia, hal ini dibuktikan ketika dirinya tega menjebak 10.000 player untuk memainkan sebuah game kematian.

Perusahaan Argus

Argus adalah perusahaan yang telah membuat atau memproduksi sebuah video game bernama Sword Art Online sekaligus sebuah alat yang bernama Nerve Gear (Kayaba sebagai pegawai/pemimpin-nya).

Nerve Gear

Nerve Gear merupakan generasi kedua dari teknologi Full-Dive yang dikembangkan oleh Kayaba Akihiko, dan dipasarkan pada tahun Mei, 2022.

Nerve Gear

Alat ini memiliki transceivers microwave yang sangat tinggi untuk mengakses otak manusia (untuk digunakan dive in/masuk ke dalam game), karena memiliki transceivers microwave yang tinggi alat ini juga mampu membakar otak manusia.

Jadi tidak heran kenapa bermain game Sword Art Online bisa mati beneran ya dikarenakan sebuah gelombang elektromagenetik atau gelombang microwave yang dapat membakar otak manusia.

Game Sword Art Online

Game Sword Art Online adalah game MMO pada umumnya namun dikemas dalam virtual reality, game ini menggunakan sudut padang orang pertama atau First-person sehingga ketika bermain game ini seolah-olah orang tersebut berada pada dunia lain.

VRMMO (Virtual Reality Massively Multiplayer Online) merupakan game virtual reality multiplayer yang mampu menampung banyak player sekaligus.

Awal mula atau versi close-beta game SAO dimulai pada Agustus – September 2022 (selama satu bulan), pihak pengembang atau Argus membuka 1.000 slot untuk para player yang ingin memainkan game SAO sebelum rilis secara resmi.

Selama percobaan para player sangatlah senang dan tertantang, mengingat game SAO merupakan game Virtual Reality pertama pada masa itu, setelah satu bulan berlalu akhirnya game Sword Art Online pun resmi dijual sebanyak 10.000 kopi.

Tentu karena game Virtual Realty sangatlah jarang, membuat para player berbondong-bondong membeli game SAO sekaligus membeli alat yang bernama Nerve Gear agar dapat digunakan untuk memainkan game SAO.

Setelah 10.000 pemain dive in, Kayaba atau yang dikenal sebagai Heathcliff mengubah game Sword Art Online yang tadinya untuk bersenang-senang menjadi sebuah game tantangan yang mempertaruhkan nyawa.

Akibat dari itu membuat lebih dari 3.000+ pemain mati karena terserang oleh monster, dan beberapa diantaranya ada yang mati dikarenakan bunuh diri.

Selama 2 tahun berjalan, game Sword Art Online berubah menjadi game yang sangat kompleks karena para player bisa melakukan semua hal seperti di dunia nyata, seperti memancing, berkebun, berkembang biak, dan sebangsanya.

Aincrad

Aincrad (アインクラッド) adalah dunia atau kastil yang ada pada game Sword Art Online, Aincrad merupakan singkatan dari An Incarnating Radius (アン・インカーネイティング・ラディウス).

Aincrad terbuat dari material besi dan batu, di dalam Aincrad terdapat 100 lantai yang dimana setiap lantai memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti sebuah kota, pedesaan, hutan, dan sebagainya.

Note: Sepanjang anime Sword Art Online menceritakan atau berlatar tempat di Aincrad.

Cardinal System

Cardinal System (カーディナル・システム) sebuah sistem atau bisa juga disebut sebagai AI System yang bertugas untuk memanajemen serta bertanggung jawab atas berjalanya game Sword Art Online.

Cardinal Sistem bertugas untuk mengoperasikan para NPC (Non-Player Character), membuat event secara otomatis, memeriksa resource, memantau mental para player, menyeimbangkan sistem, dan masih banyak lagi (bisa dibilang Cardinal merupakan dewa game SAO).

Salah satu turunan dari sistem cardinal yang memiliki user interface atau tubuh yakni Yui-MHCP001 atau lebih tepatnya adalah Yui selaku anaknya Kirito dan Asuna.

Yui merupakan sub-program dari Cardinal yang bertugas untuk memantau jiwa dan juga emosi dari para player SAO yang masih hidup.

World Seed (The Seed Nexus)

World Seed (世界の種子) adalah sebuah program paket yang dapat digunakan untuk membuat sebuah game virtual (ibaratnya ya program open-souce, atau mungkin semacam framework).

Program paket pada World Seed meliputi suara, video, serta sebagian kecil dari Cardinal System, nama lain dari World Seed ini adalah The Seed Nexus.

Convert Account

Pada seri anime Sword Art Online mungkin sebuah kata “convert account” sudah tidak asing lagi, seperti halnya ketika Kirito melakukan convert akun Alfheim Online-nya kedalam game Gun Gale Online.

Kenapa convert akun beda game bisa dilakukan?

Karena pada dasarnya semua game yang menggunakan World Seed atau The Seed Nexus merupakan sebuah game yang sama, maksudnya sama-sama menggunakan program yang sama.

Analogi sederhananya The Seed Nexus ini seperti Google, sedangkan produk Google seperti YouTube, Gmail, dan sebagainya merupakan sebuah game yang dibuat dari The Seed Nexus.

Selama kamu masih terhubung dengan Google, maka kamu bisa menggunakan Gmail, YouTube atau produk Google lainya tanpa harus mendaftar terlebih dahulu (sistemnya terintegrasi atau saling terhubung).

Baca juga: Vassago Casals, Karakter Villain Terbaik SAO – Sword Art Online Series

Begitu juga dengan anime SAO, selama sebuah game terhubung atau terbuat dari The Seed Nexus maka para player bisa mencovert akunya kedalam game lain yang terbuat dari program yang sama.

Namun ketika akun terconvert seluruh inventory atau item yang ada digame sebelumnya tidak akan ikut terbawa ke game yang akan dituju, hanya statistik player seperti ketangkasan, kelincahan, stamina dan sebagainya yang ikut terbawa ke game yang dituju.

Jika player tidak memindahkan atau membiarkan item berada di inventory, ketika akun diconvert, maka item tersebut tidak bisa kembali atau dengan kata lain item akan hilang.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai sejarah terbentuknya game Sword Art Online, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tukar Pulsa ke OVO